Graphic User Interface (GUI)

Rabu, 14 Maret 2012
Pengertian GUI
Antar muka komputer yang berbasiskan grafis. Adalah citra grafis yang ditampilkan di layar komputer yang memungkinkan untuk mengakses aplikasi software dengan memakai menu dropdown, dialog box, radio button, check box, panel, tabs, toolbar, icon shortcuts dan tool lain. Atau bisa juga dikatakan jenis antarmuka pengguna yang memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan program dengan lebih banyak dengan gambar daripada perintah teks. Sebuah GUI grafis menawarkan ikon, dan visual indikator, sebagai lawan dari antarmuka berbasis teks. Contoh perangkat yang menggunakan GUI:  perangkat genggam seperti MP3 Players, Portable Media Player dan perangkat Permainan. GUI ini dimulai pertama kali dengan X Windows hasil penelitian di MIT, kemudian Macintosh, Sun View, lalu disusul oleh Microsoft Windows, dan sistem operasi lainnya.
JAVA
Java merupakan suatu teknologi perangkat lunak yang di dalamnya mencakup bahasa pemrograman. Selain itu Java juga merupakan suatu platform yang memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan suatu program. Java sendiri pada awalnya dikembangkan pada lingkungan komputer oleh Sun Microsystem Inc. dengan tujuan untuk menghasilkan suatu bahasa komputer sederhana tanpa harus terikat pada arsitektur tertentu. Maka tak heran jika dalam perkembangannya Java dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi seperti Linux, Windows maupun Unix.
Karena keunikan dan kehandalannya, Java pun semakin banyak dikenal. Pada tahun 1995 Sun meluncurkan sebuah browser berbasis Java dengan julukan Hot Java, kemudian diikuti Netscape yang memutuskan untuk membuat browser dengan dilengkapi bahasa Java di dalamnya. Setelahnya ikut bergabung pula berbagai pengembang ternama diantaranya IBM dan Microsoft. Kemudian pada tahun berikutnya, Sun Microsystem Inc. merilis Java Software Development Kit (JDK) pertamanya, JDK 1.1. Dan terus berkembang dari pemrograman applet yang berjalan di browser menjadi pemrograman kelas dunia yang banyak digunakan untuk pengembangan aneka ragam aplikasi. Tidak hanya pada komputer, Java juga dapat berjalan pada bermacam-macam perangkat, mulai telepon genggam sampai aplikasi berskala enterprise pada komputer server.
JAVA GUI
Dapat disimpulkan bahwa Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya  adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.
sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Graphical_user_interface
http://www.total.or.id/info.php?kk=graphical%20user%20interface
http://signal5.wordpress.com/2008/11/29/sekilas-tentang-java/

contoh Java GUI
1. posting saya berjudul "membuat mp3 player dengan java applet".
sumber : vanydiah.blogspot.com
2. dan contoh seperti berikut:
import javax.swing.JLabel;
import javax.swing.JTextField;
import javax.swing.JButton;
import javax.swing.JPanel;
import javax.swing.JOptionPane;
import java.awt.GridLayout;
import javax.swing.JFrame;
import java.awt.event.ActionListener;
import java.awt.event.ActionEvent;
public class guijava implements ActionListener {
JLabel labelBilangan1 = new JLabel(“bilangan 1: “);
JTextField fieldBilangan1 = new JTextField(10);
JLabel labelBilangan2 = new JLabel(“bilangan 2: “);
JTextField fieldBilangan2 = new JTextField(10);
JLabel labelHasil = new JLabel(“hasil: “);
JTextField fieldHasil = new JTextField(10);
JButton buttonTambah = new JButton(“tambah”);
JButton buttonHapus = new JButton(“hapus”);
JPanel panelPenjumlahan = new JPanel();
guijava(){
GridLayout gl = new GridLayout(4,2);
panelPenjumlahan.setLayout(gl);
panelPenjumlahan.add(labelBilangan1);
panelPenjumlahan.add(fieldBilangan1);
panelPenjumlahan.add(labelBilangan2);
panelPenjumlahan.add(fieldBilangan2);
panelPenjumlahan.add(labelHasil);
panelPenjumlahan.add(fieldHasil);
panelPenjumlahan.add(buttonTambah);
panelPenjumlahan.add(buttonHapus);
buttonTambah.addActionListener(this);
buttonHapus.addActionListener(this);
JFrame jendela = new JFrame(“Contoh GUI Java”);
jendela.setContentPane(panelPenjumlahan);
jendela.setSize(400,150);
jendela.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
jendela.setVisible(true);
jendela.setResizable(false);
}
public static void main(String[] args) {
guijava contohGUI = new guijava();
}
public void actionPerformed(ActionEvent kejadian) {
try {
if(kejadian.getSource() == buttonTambah) {
int bilangan1 = Integer.parseInt(fieldBilangan1.getText());
int bilangan2 = Integer.parseInt(fieldBilangan2.getText());
int hasil = bilangan1 + bilangan2;
fieldHasil.setText(Integer.toString(hasil));
}
else {
fieldBilangan1.setText(“”);
fieldBilangan2.setText(“”);
fieldHasil.setText(“”);
fieldBilangan1.requestFocus();
}
}
catch(Exception a) {
JOptionPane.showMessageDialog(panelPenjumlahan, “anda salah memasukkan angka.”);
}
}
}

1 komentar:

REZA.F.RAFSANJANI mengatakan...

Kita juga punya artikel yang sama dengan pembahasan kalian boleh di cek di sini. http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2317/1/Qt%20for%20Rapid%20Mobile%20Application%20Development.pdf Terima kasih.

Posting Komentar